Tips Manajemen Usaha Islami Sumber primer agama islam selalu merujuk pada manual book-nya yakni Al-Quran dan diperkuat dengan As-sunah. Tidak terkecuali untuk urusan manajemen usaha atau bisnis. Barangkali bahasanya tidak secara langsung berbicara soal detil manajemen tetapi memberikan batasan-batasan sebagai panduan agar kita dapat mengerti mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

Dalam membangun sebuah usaha tentu perlu adanya manajemen. Manajemen usaha adalah kemampuan mengelola sebuah usaha. Pengelolaan ada banyak ragamnya. Pengelolaan pasar, pengelolaan bahan baku, pengelolaan pekerja, pengelolaan hak dan kewajiban pekerja, dan sebagainya. Tanpa adanya pengelolaan yang sehat maka usaha kita berpotensi mengalami kemunduran atau bahkan gulung tikar.

Demi kelancaran jalannya usaha maka kita perlu mempelajari ilmu mengenai manajemen usaha. Sebagai muslim kita tentu ingin melaksanakan perintah agama termasuk dalam menjalankan usaha. Kita perlu tambahan wawasan mengenai cara-cara menjalankan usaha sesuai koridor islam. Nah, berikut kami ulas tips manajemen usaha islami:

Tips Manajemen Usaha Islami yang Pertama Hindari Konflik Kepentingan Internal

Dalam menjalankan sebuah usaha perlu adanya transparasi atau keterbukaan. Baik keterbukaan keuangan maupun keterbukaan mengenai hak dan kewajiban pekerja. Jika kita tidak terbuka maka akan timbul adanya rasa saling curiga. Dikhawatirka justru akan merusak sistem kerja usaha kita. Juga dapat memicu adanya konflik kepentingan sebagai implikasi dari rasa curiga yang berlebih.

tips manajemen usaha islami yang satu ini sangat rentan terlebih jika kita menjalankan usaha bersama. Misalnya di dalam sebuah organisasi, kelompok, paguyuban, maupun usaha keluarga. Konflik kepentingan internal seringkali justru menjadi penyakit yang akan meruntuhkan usaha kita sendiri. Musyawarah mufakat adalah jalan keluar untuk menghindari persoalan ini.

Padahal penjualan lancar, bahan baku aman, produksi mulus namun justru karena konflik kepentingan semua itu dapat terhambat atau bahkan berhenti. Konflik kepentingan biasanya lahir dari rasa serakah dan dominasi seseorang. Orang yang melahirkan konflik kepentingan internal sudah tak memikirkan keutuhan dan manfaat bersama melainkan hanya ingin memperkaya dirinya sendiri dengan cara instan dan tak terpuji.

Tips Manajemen Usaha Islami yang Kedua Bertanggung jawab

selanjutnya adalah bertanggung jawab. Kita tahu bahwa Allah telah berfirman melalui Al-Quran Surat An-Nisa ayat 58 dimana Allah menyampaikan bahwa Allah menyuruh kamu (umat manusia) menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh umat manusia) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.

Pesan yang disampaikan sangat jelas bahwa kita diperintah untuk bertanggung jawab terhadap amanat. Dalam menjalankan usaha kita perlu membagi peran agar usaha yang kita jalankan dapat berjalan efektif dan efisien serta menguntungkan. Pembagian peran akan menuntut adanya posisi atau jabatan tertentu. Setiap jabatan yang diemban harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, untuk owner sekalipun.

Tips Manajemen Usaha Islami yang Ketiga Bayarlah Upah Pekerja Sebelum Keringatnya Kering

Maksud dari tips manajemen usaha islami tersebut adalah bahwa dalam manajemen perlu adanya kejelasan mengenai hak dan kewajiban. Pekerja memerlukan pekerjaan untuk sumber penghidupan. Usaha Anda memerlukan tenaga pekerja untuk menjalankan roda perekonomian perusahaan.

Hubungan yang mesra saling membutuhkan itu harus ditopang dengan kejelasan aturan. Bahwa ungkapan “bayarlah upah pekerja sebelum keringatnya kering” tak lantas Anda sebagai pemilik usaha harus memperhatikan tiap pekerja Anda dan membayarkan upahnya setiap hari sebelum kering keringatnya. Tentu tidak demikian.

Tips manajemen usaha islami yang satu ini sangat tidak rasional jika semua usaha membayar pekerjanya persis seperti apa yang dituliskan. Maksudnya adalah tunaikan hak-hak pekerja dengan optimal seperti gaji pokok, jaminan sosial, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan makan, dan uang jaminan lainnya.

Jika kita menjalankan tips manajemen usaha islami di atas mudah-mudahan Allah akan melancarkan jalannya usaha Anda dan apa yang hendak dicapai akan Allah bantu untuk tercapai. Usaha yang baik adalah yang memberikan banyak manfaat baik bagi pekerja maupun bagi para konsumennya.

Bagi anda yang ingin usaha anda sukses, Cepat kaya atau dagangan laris manis bisa gunakan sarana spiritual dari Mbak Hidayah. Silahkan Klik Gambar Dibawah ini

Tips Manajemen Usaha Islami
WhatsApp Mbak Hidayah