5 jalan sukses berkarir dalam islam Berkarir dalam islam sangat dianjurkan. Sebagai khalifatullah, manusia bahkan memiliki kewajiban untuk berkarir atau bekerja. Berkarir atau menjalani pekerjaan dengan sungguh-sungguh sangat disukai oleh Allah. Bekerja sangat mulia nilainya dihadapan Allah.

Dalam Al-quran Surat At-Taubah ayat 105 memerintahkan manusia untuk bekerja (berkarir). Arti ayat tersebut kurang lebih adalah dan katakanlah: “bekerjalah kamu maka Allah dan Rosulnya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang Maha Mengetahui pada hal gaib dan nyata, lalu diberitakan-Nya untuk kamu apa yang sudah kamu kerjakan.

Pada ayat di atas sangat gamblang perintah Allah bahwa manusia disuruh untuk berkarir (bekerja). Bahkan ada penekanan pada kalimat “Allah, Rosul, dan orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu”. Di sini jelas bahwa ketika kita bekerja maka ada yang mengawasi kita meski kita bekerja sendirian di kantor atau tempat lain.Lantas bagaimana jalan sukses berkarir dalam islam?

Jalan Sukses Berkarir dalam Islam yang pertama yaitu Khusyuk

Kita dianjurkan untuk khusyuk ketika melaksanakan ibadah solat. Khusyuk dapat dimaknai sebagai perilaku sungguh-sungguh atau fokus. Kita harus bersungguh-sungguh dalam mengemban tugas pekerjaan kita. Kita tidak boleh mangkir dari tanggung jawab pekerjaan yang sudah disepakati sebelum kita memulai kerja.

Ada pula yang memaknai khusyuk sebagai bentuk perpaduan antara kebenaran, kebaikan, dan keindahan. Seperti pada saat solat bacaan yang benar, berpakaian yang baik secara gerakan yang indah menjadi modal untuk mencapai khusyuk itu sendiri. Dalam bekerja kita juga harus memiliki perpaduan tiga hal tersebut agar kita dapat menyelesaikan tugas sesuai yang diinginkan tempat kita bekerja. Demikian jalan sukses berkarir dalam islam yang pertama.

Jalan Sukses Berkarir dalam Islam yang kedua yaitu Sami’na Wa Atho’na

Sami’na Wa Atho’na bermakna kami mendengar dan kami patuh. Jika kita mendapat teguran atau saran dari atasan maupun dari pelanggan yang kita hadapi maka kita harus siap sedia untuk mendengarkan terlebih dahulu. Kita pastikan bahwa kita benar-benar menangkap apa yang disampaikan sebelum kita mengambil tindakan selanjutnya.

Hal ini menjadi salah satu jalan sukses berkarir dalam islam supaya kita tidak salah dalam bertindak setelah kita ditegur atau diberi saran. Setelah mendengarkan dengan baik maka kita dapat melakukan tindakan selanjutnya yakni mematuhi apa yang diperintahkan atau apa yang diinginkan oleh atasan maupun oleh pelanggan yang kita hadapi.

Jalan Sukses Berkarir dalam Islam yang ketiga yaitu Disiplin

Kita sudah dilatih untuk disiplin dalam menjalankan ibadah utama umat muslim yakni solat. Solat memiliki waktu khusus, misalnya kita tidak boleh Solat Subuh pada jam 11 malam karena melanggar ketentuan syariat. Itu jelas menggambarkan bahwa kita tidak disiplin.

Nah, setiap perusahaan pasti memiliki syariat atau aturan tersendiri. Kita harus disiplin terhadap aturan yang dibuat oleh perusahaan tempat kita bekerja. Sebab ketika kita melanggar kedisiplinan dalam bekerja maka akan mengganggu sistem kerja itu sendiri. Disiplin merupakan jalan sukses berkarir dalam islam yang sangat penting.

Jalan Sukses Berkarir dalam Islam yang keempat yaitu Bekerja Tuntas

Dalam ibadah solat wajib lima waktu kita tidak boleh melaksanakannya setengah-setengah. Misalnya kita Solat Dzuhur hanya menjalankan rokaat pertama maka solat tersebut dianggap tidak sah. Sama halnya dengan pekerjaan yang kita lakukan. Jika kita tidak menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan pada kita hingga tuntas maka akan dianggap tidak sah.

Jalan Sukses Berkarir dalam Islam yang Kelima yaitu Berdoa

Yang terakhir adalah berdoa. Dalam melaksanakan segala aktifitas hendaknya kita sebagai muslim senantiasa memanjatkan doa kepada Allah. Doa adalah wujud kepasrahan seorang hamba kepada penciptanya. Doa merupakan wujud kerendah hatian untuk mengakui betapa lemahnya diri kita tanpa Sang Maha Pengasih lagi Penyayang. Doa merupakan jalan sukses berkarir dalam islam yang harusnya kita laksanakan dalam setiap aktifitas.

Demikian adalah cara sukses berkarir dalam islam. Ketika kita melaksanakan panduan di atas maka perusahaan akan menyukai kinerja kita. Ketika perusahaan menyukai kualitas kerja kita maka bukan tidak mungkin kita akan dianggap sebagai aset perusahaan yang bagus. Perusahaan tidak mungkin ingin kehilangan asetnya yang bagus. Efeknya adalah jenjang karir kita akan melesat tinggi.

Selain melakukan tips diatas tadi, untuk sukses berkarir kami sarankan bisa menggunakan sarana dari Mbak Hidayah, yaitu menggunakan Amalan Nurbarokah Kesuksessan. Klik Gambar Dibawah Ini

5 Jalan Sukses Berkarir dalam Islam
WhatsApp Mbak Hidayah